Rabu, 30 April 2014

Its all about Dota 2

DOTA 2



I.                    Analisa Game

Dota 2 Merupakan Multiplayer Online Battle Arena (its called MOBA), sebuah video game yang merupakan sekuel dari Defense of the Ancients (DotA), sebuah mod map yang tersedia pada Warcraft III, game ini memulai fase beta testing pada tahun 2011, dan rilis secara official pada 9 juli 2013 pada OS Windows, Linux, dan OS X secara gratis!.


Dota 2 dibuat oleh Valve Corporation yang dapat dimainkan dengan aplikasi client nya yaitu steam (dapat diunduh di http://store.steampowered.com), dalam steam sendiri anda dapat mengunduh banyak game online lainya, dan fyi di steam anda dapat mendapatkan game-game original dengan harga murah (diskon). :D

Disisi grafis DotA 2 sudah banyak mengalami perubahan disbanding DotA 1, bahkan penampilan hero-nya pun banyak yang berubah, sampai kadang terkesan “aneh”. tampilan efek skill, aura lumayan keren, setidaknya ini pendapat saya yang memainkan game ini dari sekuel pertama nya.

DotA 2 merupakan salah satu game yang banyak mencetak “Pro Gamer” mereka ini yang biasanya menggantungkan hidup mereka dengan bermain game, banyak sekali team-team professional yang ada di Eropa & Asia, dan hampir semua team ini memiliki sponsor mereka, turnamen-turnamen DotA 2 pun banyak yang memberikan total hadiah yang sangat besar, salah satunya yaitu “The International” sebuah kompetisi DotA 2 yang diselenggarakan secara tahunan oleh VALVE, mereka mengundang team-team DotA 2 terbaik di dunia, hadiah yang mereka tawarkan pun tidak main-main yaitu sebesar $1 MILLION, bahkan pada TI3 (The International 2013) total hadiah untuk juara 1 sebesar $1.4 MILLION, ini benar-benar fastastis bung!

(dendi, team Na'Vi. salah satu professional player ter-sukses di Dota 2)


Pada tanggal 19 maret 2014 valve merilis film documenter tentang perjuangan 3 Professional Gamer yang bertanding di The International 1 yang berjudul “Free to Play” (http://www.imdb.com/title/tt3203290)

(cover film free to play)


II.                 Cara Bermain (Game Play)

Setiap pertandingan di dalam DotA 2 melibatkan 2 team yaitu Radiant dan Dire, dan masing-masing team beranggotakan 5 player, masing-masing player akan memilih 1 hero yang akan mereka mainkan dan mereka harus melindungi benteng mereka yang dalam game ini disebut “Ancient” dan untuk memenangkan pertandingan ini mereka harus menghancurkan Ancient lawan, letak Ancient nya terdapat pada kiri bawah untuk team Radiant dan pada kanan atas untuk team Dire, Ancient ini juga dijaga oleh 3 lapis tower pada tiap lane, dan sepasang tower dalam markas yang merupakan pelindung terakhir Ancient mereka.

(gambar map dota 2)

Untuk menggerakan hero, player menggunakan mouse dan keyboard, klik kanan pada mouse untuk menjalankan hero, klik kiri untuk memilih objek, sedangkan skil 1-4 secara default shortcut nya Q W E R, dan item-item yang dapat digunakan lainya dapat diatur shortcut keyboard nya melalui menu config.

(contoh tampilan informasi hero)


Sampai saat ini (17/4/14) terdapat 107 hero yang dapat di pilih oleh pemain, dengan peran dan kemampuan yang berbeda-beda, dan juga banyak sekali pilihan item yang dapat dibeli nantinya sesuai dengan hero yang nantinya mereka pilih, secara umum karakter hero dapat dipisahkan menjadi 2 yaitu hero core dan support, dimana hero support berusaha untuk menjaga, melindungi dan memastikan hero core dalam team mereka mendapatkan cukup gold dan level untuk memenangkan game ini, agar nantinya hero core mereka dapat dengan mudah meng-kill hero lawan dan menghancurkan Ancient mereka.

Lamanya jalan pertandingan pun relatif, tegantung pemilihan dan kombinasi hero dalam team, kerja sama team, dan keahlian skill individu pemain itu sendiri, umum nya berkisar 20 menit (early game) – 60 menit (late game), biasanya kemenangan pada early game sangat dipengaruhi oleh ke-agresifan hero support, sedangkan kemenangan pada late game sangat dipengaruhin oleh level dan item si hero core.

III.               Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan :
·         Terdapat banyak sekali pilihan, kombinasi hero dan item, sehingga jalanya pertandingan sangat bervariasi.
·         Karna dibutuhkan Teamwork yang baik, maka kerja sama team pun terasah dalam tiap pertandinganya. (maybe you could be the best solo player, but we still could win this game)
·         Banyaknya kompetisi untuk dota 2, dan hadiah yang lumayan.
·         Tampilan grafis sangat mengesankan dibanding game pendahulunya.
·         DotA 2 merupakan salah satu game “E-Sport” yang diyakini dapat meningkatkan respon dan kecepatan mengambil keputusan pemain.

Kekurangan :
·         Hanya tersedia satu arena (map) dalam bertanding.
·         Untuk server SEA terkadang masing kurang stabil.
·         Terkadang pemilihan pemain tidak imbang, sistem pemilihan pemain.
·         Masih ada beberapa hero yang menurut saya over power (kekuatanya terlalu menonjol) yang perlu di nerf (dilemahkan).

IV.              Saran
·         Diadakan event-event mini game agar player tidak bosan dengan map yang itu-itu saja.
·         System pemilihan player dalam 1 pertandingan harus dibuat lebih baik dan adil.
·         Perbaikan status & skill hero agar lebih imbang.

·         Agar pemain tidak bosan bermain di arena yang itu-itu saja, bias juga dengan memvariasikan tempat sesuai dengan cuaca, mis : pada musim dingin sungai membeku, tanah tertutup putih salju, pada saat summer pohon-pohon bermekaran.

keterangan :
tugas softskill
nama : Dzuhri Sesar Nugroho
Kelas pengulangan : 3ia14
NPM : 52410236

Tidak ada komentar:

Posting Komentar