Sabtu, 06 Oktober 2012

pengalaman membuat aplikasi sederhana

   Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam membuat aplikasi untuk menginput, menampilkan, menghapus segala pemasukan dan pengeluaran pribadi saya. saat itu kebetulan saya sedang menekuni sebuah bisnis online di sebuah forum jual beli lokal yaitu fjb-Kaskus. aplikasi itu saya buat menggunakan java yang menggunakan sistem basis data  MySQL, karna saat tingkat 1 kami juga diajarkan Java. saat itu saya membuatnya menggunakan NetBeans IDE.

 
    Dengan keterbatasan kemampuan yang saya punya digaetkan dengan tingkat keisengan yang tinggi, awalnya saya mulai dengan mencari beberapa referensi cara pembuatanya melalui google, mulai dari cara mengkoneksikan ke databasenya, membuat form aplikasi, dll. namun terkadang tetap saja saat mencobanya karna beberapa kesalahan sepele membuat saya pusing sendiri, dan pernah juga saya menanyakan beberapa hal secara langsung di forum Pemrograman di kaskus.

   Akhirnya, aplikasi itu pun jadi juga, dengan tampilan yang sederhana, saya bisa menginput pemasukan atau pengeluaran saya yang diurut berdasarkan hari, dan di kelompokan tiap bulan. dengan demikian saya cukup terbantu untuk menentukan pendistribusian keuntungan yang saya dapat, apa digunakan untuk keperluan pribadi atau digunakan untuk membeli barang baru, dan untuk menentukan seberapa banyak yang boleh saya gunakan untuk keperluan pribadi. aplikasi ini saya gunakan hanya selama 6 bulan, sampai akhirnya saya kembali malas mencatat pendapatan dan pengeluaran saya. sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar