Senin, 03 Oktober 2011

KONSEP DASAR NEW MEDIA



Konsep Dasar New Media

New media adalah media baru sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia . Pengguna dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial . New media itu sendiri diartikan sebagai media sosial yang dapat mepermudah pengguna untuk mendapatkan suatu informasi maupun untuk memberikan suatu informasi . New media tersebut dapat berupa Blog, Website, Facebook, Twitter, Email, Smart Phone, dan lain sebagainya yang telah mengandung kemungkinan untuk melakukan interaktif digital. 

I.                    DEFINISI

New Media yang dijelaskan oleh Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, mendefinisikan new media dengan delapan bagian, 3 bagian diantaranya yaitu :

·         Media baru vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).

·         New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang  berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.

·         New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, lali kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya.

II.                 PANDANGAN NEW MEDIA

Menurut pandangan saya sebagai pengguna tentang New Media adalah New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital, misalkan Smart Phone . Saya sebagai pengguna Smart Phone dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunaka Ponsel biasa, dengan Smart Phone kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Smart Phone memudahkan kita mendapatkan sesuatu informasi maupun juga dalam memberikan sebuah informasi yang baru dan real kepada khalayak masyarakat sekitar. Saya juga sebaggai pengguna Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Jadi dengan New Media kita tidak dibatasi dalam mengetahui sebuah informasi baru tentang perkembangan teknologi, dan masalah lainnya.

III.                MANFAAT NEW MEDIA

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa New Media sangatlah bermanfaat bagi kita untuk mendapatkan berbagai macam informasi tanpa kita harus dibatasi oleh informasi itu sendiri. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya :
·         New Media berpotensi besar untuk mengubah suatu jarak geografis
·         New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain
·         New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif

IV.               KOMPONEN NEW MEDIA

Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya. Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
Berbagai macam aplikasi-aplikasi New Media, diantaranya :


  • FACEBOOK   

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo SaverinDustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

  • TWITTER


Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut

  • HEELLO


Heello diluncurkan sehari setelah twitter meluncurkan layanan berbagi foto. Layanan berbagi foto ini tentunya akan berkompetisi dengan pihak ketiga penyedia layanan foto berbasis twitter’s API seperti twitpic yang dimiliki Noah. 


  • FOURSQUARE


Layanan ini dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. foursquare adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung padaperangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. Pengguna"check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerakpesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.

sumber : wikipedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar